Jumat, 15 Mei 2015

TIPS SUKSES SBMPTN

Hello 15-05-2015..
Alhamdulillah hari ini admin update info lagi... sudah menanti lama yak? hihi maap maap deh ini baru agak slow jadi baru bisa bagi info lagi ^^

kali ini admin mau cerita panjang kali lebar nih soal SBMPTN, duh jamannya admin nyari kuliahan belom ada noh yang namanya SNMPTN jalur undangan sama SBMPTN... eits, admin mau ngucapin selamat ya bagi yang uda lulus lewat jalur prestasi maupun SNMPTN... baik2 jadi anak kuliahan yak ( siap2 sabar ngadepin dosen :D )... Nah, bagi yang belom rejekinya lolos lewat jalur itu, tenang aja gaes, masih banyak jalan menuju sukses... salah satunya lewat SBMPTN... nih tipsnya nih semoga bisa bantu kalian semua yaaa biar pada bisa jadi anak kuliahan, masuk universitas ternama, terbaik, pokoknya doa admin yang terbaik buat kalian semuaaa...

  1. Pilih jurusan sesuai dengan GRADE kemampuanmu masing-masing ya gaes. hati-hati jangan sampe keegoisanmu ngancurin masa depan. hehe gini gini, maksud admin, kamu boleh punya cita-cita setinggi-tingginya, boleh egois dengan jalan yang sangat kamu inginkan, tapi inget, kita ini manusia biasa, kita bahkan gatau mana jalan yang terbaik dariNya untuk kita. kalo kamu pengin dan ngebet banget dengan jurusan impian kamu sedangkan kamu ngrasa kemampuanmu belum sampe, brarti kamu harus berjuang lebih keras lagi dan harus belajar gimana caranya biar kemampuan kamu bisa setimbang dengan grade jurusan yg kamu pilih, paham ga? :)
  2. Belajar dan Berdoa harus setimbang yaa.. jangan sampai kamu cuma belajar-belajar aja, tapi males berdoa, atau kamu rajin berdoa pake banget tapi disisi lain kamu malas belajar dengan anggapan "ah, semuanya uda ditentuin Tuhan kok, ngapain susah-susah belajar? ntar juga Tuhan ngasih tau mana yang terbaik"... duh duh, bukan begono caranya yaaak, Allah memang mau ngasih jalan buat kita sukses dunia akhirat, tapi kembali lagi ke kita nih, mau ga kita cari tau jalanNya, mau ga kita berjuang untung ngedapetin jalanNya? iya bukan? yuk instrospeksi, seberapa besar kamu sudah belajar dan berdoa, lebih besar mana harapan-harapan kamu dibanding atas usahamu untuk mencapai harapan-harapan itu.
  3. Selain kudu rajin sholat 5 waktu, kalo bisa rajin sholat Dhuha dan sholat Malam... nah kalo ini gausa diragukan lagi kedasyatannya. serius! nyesel kalo ga nglakuin apalagi ngremehin.
  4. Berbakti sama orang tua (ibu bapak, guru, guru agama/kyai/ustadz, atau guru-gurumu yang lainnya). lhaaa apa hubunganya? waaa jelas ini ada hubungannya. kamu durhaka sama para orang tuamu, terus kamu berdoa sama Allah atas semua harapan-harapanmu yang mintanya dikabulin semua, nah gimana mau dikabulin sama Tuhanmu? kamu punya kebaikan apa sampe-sampe minta semua doa dikabulin? -_____- iya kan iya kan??? yukkk, berbuat baik selagi para orang tua masih ada... sama guru2 di sekolah juga yaaak cantik, ganteng....jangan jadi anak sombong, kalo ketemu para guru, disapa, disalamin, disenyumin... ah adem banget mesti si guru kalo liat murid-muridnya kaya gitu :D
  5. Kalo masih ngrasa belajarnya belum maksimal, ikutan les privat atau semacamnya yaak,,, atau cari guru pokoknya biar bisa bimbing kamu buat latian soal-soal SBMPTN, kebanyakan soalnya ga kaya tes-tes di sekolah loh, kamu harus ngerti maksud soalnya dan harus ngerti gimana cara cepatnya, karna disini juga diperhitungkan soal waktu saat mengerjakan. :)
  6. Banyakin SHODAQOH... lhaa syarat apalagi niii? ckckkckc ini admin ngomong serius loooooh cantik...kamu semua akan ngrasain DAHSYAT nya banyak shodaqoh. harta kamu ga bakal habis, malah yang ada Allah ngabulin semua harapan-harapanmu. ga percaya? nanti buktikan sendiri, admin uda sering ngliat fenomena yang menakjubkan soal ini dan emang jelas, shodaqoh bisa bikin hidup kamu lebih baik. coba dulu aja yuk, banyak banyaklah shodaqoh, ke panti asuhan boleh, ke masjid juga boleh, ke kaum dhuafa bisa, pokoknya ke orang-orang yang berhak nrima yaaa. :)
  7. Malam sebelum tes SBMPTN kalo bisa uda harus tutup buku, alias istirahatin otak. H-1 itu bukan waktunya lagi untuk baca-baca soal apalagi cari jawaban, TELAT! :D. full istirahat seharianm jadi pas hari H itu otak uda fresh, dan konsentrasi pun nambah.

ke-7 tips ini kalo kamu berhasil nglakuin, insya Allah kamu bisa lolos SBMPTN. yang pasti, jangan pernah berharap sama "belajar", ataupun berharap sama "doa", keduanya itu hanya "jalur/jalan" untuk membuatmu mencapai keberhasilan, serahkan dan berharaplah pada Allah. serahkan diri kamu, tundukkan diri kamu, dan merasalah jadi orang yang kecil dan sangat kecil ketika kamu sedang bersujud kepadaNya. Insya Allah, jika kamu baik sama Allah, Allah juga akan baik sama kamu. :)

oh iyaaa, curhat dikit, terkadang admin sedih, jika ada anak pintar tapi tidak bisa lanjut sekolah karena alasan klasik, apalagi perempuan, bisa jadi soal dana, atau juga soal "kamu ini cewe, gausa sekolah, ntar juga urus rumah tangga". Duh pak, bu, mereka nantinya akan jadi Ibu, kalo ga lanjut sekolah terus mereka mau ngajarin madrasah yang terbaik untuk anaknya gimana dong? padahal seorang Ibu itu faktor utama sukses di Rumah Tangga. kalo ga sekolah, ntar yang ngajarin tata krama ke anak siapa dong? coba aja deh, pasti kalian semua bisa mbedain, tata krama dari anak-anak yang orang tuanya berpendidikan tinggi dengan anak-anak yang orang tuanya tidak sekolah karena suatu hal, apalagi anaknya cewe, mesti beda. apalagi soal sopan santun dan cara anak-anak itu memandang soal masa depan. Aku cewe, dan maunya semua cewe bisa jadi madrasah yang terbaik buat anak-anaknya, ini yang sering admin utarakan ke anak-anak di sekolah, kalo bisa, Sekolah! harus! tapi apa daya...sekuat apapun motivasi, semua kembali ke orang tua masing-masing. 

Ganbatte nak anak!!
love u more and more

Salam Semangat,
Ni'mah Naafi'atul Ulfah, 
pembelajar di SMKN 2 Adiwerna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar