Jumat, 20 April 2012

Segudang Bahaya di Balik Nikmatnya Kopi ^^



Siapa sih yang ga kenal kopi? ^^ sebagian besar pria dan wanita sangat menggemari minuman yang satu ini. Termasuk aku juga, seminggu biasanya dua kali ( biar ga ngantuk di kelas ). Di kantin dalam ataupun luar kampusku banyaaaak sekali kedai kedai kecil maupun besar yang menjual berbagai macam minuman kopi. Kalau aku dan beberapa temanku biasanya lebih menyukai Cappucino dibanding kopi hitam. Sedangkan pria biasanya sangat menyukai kopi hitam. :)


Di dalam kopi terkandung kafein, yang akan mengambil alih reseptor adenosin dalam sel syaraf sehingga memacu produksi hormon adrenalin.


Kafein sendiri merupakan senyawa kimia alkaloid yang dikenal sebagai trimetilsantin dengan rumus molekul C8H10N4O2. Jumlah kandungan kafein dalam kopi adalah 1-1,5%, sedangkan pada teh 1-4,8%.


Lantas, Manfaat kopi itu apa sih sebenernya?


Di dunia medis, kafein sering digunakan untuk merangsang kerja jantung dan sangat baik untuk meningkatkan produksi urin dalam tubuh kita. Dalam dosis yang rendah kafein dapat berfungsi sebagai bahan pembangkit stamina dan penghilang rasa sakit.


Dalam tubuh, kafein itu 'berantem' sama adenosin :D, itu loh, salah satu senyawa yang dalam sel otak bisa membuat orang cepat tertidur. ciaaaaaaaaaaaaaaaaaattt dezigggggggggghhhhhh !!! tarung dah mereka berdua. :D
berkat kafein, kita tidak lagi mengantuk, terasa lebih segar dan gembira, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra bagi tubuh kita.


Kafein tidak hanya ditemukan dalam kopi loh, banyak segala jenis minuman stamina yang  menggunakan kafein sebagai bahan utamanya, ya itu karena fungsi dari kafein itu sendiri, 'sebagai pembangkit stamina' .. ^_^


========   ========


Lanjut ya.. ^^
Dibalik nikmatnya kopi, ternyata oh ternyata kopi juga memiliki segudang bahaya.
oh yaa? mari kita simak berbagai bahaya kopi bagi tubuh kita ^^


Selain menimbulkan ketergantungan bagi si penggemar, kopi juga bisa meningkatkan resiko terkena stroke ( ngeri sekali ). Sebuah penelitian yang dimuat dalam Journal of Neurology, Neurosurgry and Psychiatry tahun 2002 menyimpulkan bahwa minum lebih dari 5 gelas kopi perhari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah. Nah Loh =="


Insomnia, sering merasa gugup, sakit kepala, merasa tegang dan cepat emosi itu semua disebabkan oleh Kafein. Hmmmmmmm.... :-/


Trus, wanita hamil boleh ga minum kopi? Hm,,sebaiknya tidak, itu karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin dapat menyerang plasenta dan masuk dalam sirkulasi darah janin. Dampak terburuknya, bisa menyebabkan keguguran.


Dalam sebuah kesimpulan laporan disebutkan, wanita yang mengonsumsi 5-7 gr kafein per bulan (setara dengan dua cangkir kopi per hari) memiliki kemungkinan dua kali lipat terkena endometriosis dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi kafein. 


Bahaya kopi lainnya adalah dalam hal “kemampuan” kafein membuang kalsium melalui urine, yang selanjutnya memerosotkan kekuatan tulang dan menjadikan tulang gampang patah. Studi Harvard mendapati, pada wanita pascamenopause yang mengonsumsi banyak kafein (lebih dari enam cangkir kopi per hari), risiko menderita patah tulang pinggul tiga kali lebih tinggi daripada yang tidak mengonsumsi.


Namun, studi pada hampir 1.000 wanita pascamenopause di California memperlihatkan bahwa pada 'pengonsumsi sedang (dengan meminum paling sedikit segelas susu per hari) dapat menolong mengimbangi kehilangan kalsium yang disebabkan oleh kafein yang terdapat dalam dua cangkir kopi.


=========      =========


SO, berhati-hatilah dengan kopi bagi semua orang yang sudah terlanjur ketagihan akan nikmatnya. Kurangi konsumsi minum kopi demi kesehatan tubuh kita. Kopi bisa membunuhmu ! Jika kamu meminum 80-100 cangkir sehari ( hehehe yang mau nyoba monggo :P ). Minum kopi itu tidak dilarang, hanya saja kalian harus bisa lebih bijaksana dalam meminumnya, jangan berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik ! 


salam sehat !


^_^







Tidak ada komentar:

Posting Komentar